Berawal Bingung Jadi Madu dan Racun

 

LAGU "Madu dan Racun" yang populer dibawakan grup Bill & Brod di tahun 1985, adalah lagu lawas milik Prambors Vocal Grup yang telah dirilis tahun 1975 dengan judul "Bingung".

Di Prambors Vocal Grup itu tercatat ada nama Sidosa yang merupakan nama samaran komposer/musisi/penyanyi Arie Wibowo dan kelak dikenal bersama grup Bill & Brod. Lagu "Bingung" dirilis dalam format album berdampingan dengan album milik Noor Bersaudara.



Selanjutnya lagu "Bingung" kerap dinyanyikan dengan lirik parodi oleh komedian Kasino Warkop setiap Warkop Prambors tampil di atas panggung. 

 

Pada tahun 1985, Arie Wibowo meremake lirik lagu "Bingung" menjadi "Madu dan Racun" sekaligus dia membentuk grup Bill & Brod. Pada masa itu, kaset-kaset pop manca tengah marak dan ada label produsen kaset manca yang cukup terkenal, Billboard, sehingga masyarakat sering terpleset menyebut Bill & Brod menjadi Billboard.

Lagu "Madu dan Racun" gaya musiknya termasuk liriknya yang jenaka, dipengaruhi oleh gaya musikalitas The Art Company dari Belanda yang terkenal dengan hits "Susana" (1984). Sehingga setelah viralnya lagu "Madu dan Racun" saat itu, mulai bermunculan lagu-lagu pop jenaka sejenis, tetapi masih kalah tenar dengan lagu-lagu pop jenaka ala Bill & Brod. 

Foto: istimewa

0 Komentar