Conga, Seirama dengan Dua Lagu Miami Sound Machine Lainnya

 


MIAMI
Sound Machine dikenal sebagai pengusung latin jazz yang cukup terkenal di tahun 1980-an. Bersama vokalis Gloria Estefan, musik yang mereka sajikan banyak menampilkan sound-sound ritmis akustik dari perangkat perkusi. 

Baca juga: Say Say Say, Persembahan Michael Jackson untuk Mc Cartney

Salah satu alat musik perkusi akustik yang kerap digunakan dalam musik latin adalah conga. Nah, hentakan alat musik conga ini yang kerap mewarnai pola musik Miami Sound Machine macam "Dr Beat" dari album Eyes of Innocence (1984), "Conga" di album Primitive Love (1985), dan "Rhythm Is Gonna Get You" dari album Let it Loose/Anything For You (1987). 

Baca juga: Zoolook, Komposisi Instrumental Breakdance yang Tampil Beda

Kali ini yang akan dibahas adalah terkait lagu "Conga". Lagu "Conga" ditulis setelah Miami Sound Machine tampil membawakan "Dr Beat" di sebuah klub bernama Cartouche di Utrecht, Belanda. Kemudian direkam untuk album Primitive Love yang dirilis tahun 1985. 

Baca juga: Hard to Say I'm Sorry, Chicago dalam Gaya yang Lain

Lagu "Conga" dibuka dengan sound alat tiup yang singkat dan disusul vokal Gloria Estefan di bagian reffrain, kemudian Paquito Hechavarría mulai memainkan denting piano yang cepat beriring permainan perkusi dari Emilio Estefan, dan hentakan musik funk bit up tempo dari permainan drum Enrique "Kiki" García. Baik "Conga" maupun "Dr Beat" dan lagu sesudahnya ""Rhythm Is Gonna Get You" termasuk "1-2-3-4" memiliki karakter musik yang sama dan telah menjadi ciri khas Miami Sound Machine.

Singel "Conga" mampu mengangkat nama Miami Sound Machine di tataran musik pop, dan latin jazz pada era 1980-an. Singel "Conga" ini mampu mencapai 10 besar di berbagai negara, termasuk Amerika dan Belanda. Akan tetapi tidak menjadi hit di Inggris.

Foto: istimewa

0 Komentar